Plastik Sebagai Material Pabrikasi Non Logam yang Murah dan Mudah Didapatkan

21 May

Plastik Sebagai Material Pabrikasi Non Logam yang Murah dan Mudah Didapatkan

 Disusun Oleh:

Joula Aulia (G1F010017)

Reza Rahmawati (G1F010025)

Rahmawati Fitria (GIF010013)

ABSTRAK

Pabrikasi sebagai istilah industri merupakan kegiatan pengembangan mesin, struktur, dan peralatan lain dengan cara memotong, membentuk, dan merakit komponen yang dibuat atau dengan kata lain pabrikasi mengacu pada pengembangan struktur bangunan logam ataupun non logam dengan pemotongan, pembengkokan dan perakitan. Dalam industri manufaktur salah satunya pabrikasi, material teknik yang digunakan diklasifikasikan menjadi dua golongan, yaitu material logam (metal) dan material non logam (nonmetal). Logam dibagi menjadi dua yaitu logam murni (hanya terdiri dari satu jenis atom), contohnya: besi (Fe) murni, tembaga (Cu) murni dan  logam paduan atau metal alloy (terditi dari dua atau lebih jenis atom). Non-metal/ non logam, dikategorikan menjadi non metal inorganik dan non metal organik. Plastik merupakan salah satu dari contoh material non metal organik (non logam organik) hasil rekayasa manusia yang merupakan rantai molekul sangat panjang dan banyak molekul MER yang saling mengikat. Plastik banyak digunakan didalam kehidupan sehari-hari karena sifatnya yang relatif murah dan mudah didapatkan. Namun kelemahan dari penggunaan plastik sebagai material pabrikasi adalah sifatnya yang tidak ramah lingkungan.

Kata Kunci : logam, nonlogam, polimer, plastic

 

Pabrikasi sebagai istilah industri merupakan kegiatan pengembangan mesin, struktur, dan peralatan lain dengan cara memotong, membentuk, dan merakit komponen yang dibuat atau dengan kata lain pabrikasi mengacu pada pengembangan struktur bangunan logam ataupun non logam dengan pemotongan, pembengkokan dan perakitan.

 

Image

Proses pabrikasi dalam sebuah industri

 

Dalam industri manufaktur salah satunya pabrikasi, material teknik yang digunakan diklasifikasikan menjadi dua golongan yaitu, golongan logam dan non logam.

 

  • Material Pabrikasi Golongan Metal (Logam)

Bila ditinjau dari dari sudut pandang susunan dasarnya, material pabrikasi golongan metal (logam) terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Logam murni, yaitu logam yang hanya terdiri dari satu jenis atom logam. Contohnya, besi (Fe) murni dan tembaga (Cu) murni
  2. Logam paduan atau metal alloy, yaitu logam yang terdiri dua atau lebih jenis atom logam. Logam paduan sendiri, dibedakan lagi menjadi tiga jenis, yaitu:

a)      Larut padat interstiti, yang merupakan suatu paduan yang terjadi jika atom yang larut mempunyai diameter jauh lebih kecil daripada yang dilaruti. Contohnya, pada baja karbon yang mengalamai nitriding dimana atom Fe (yang dilaruti) mempunyai diameter atom lebih besar jika dibandingkan dengan atom N (yang terlarut) sehingga dengan diamter yang lebih kecil atom N dapat menyisip antara atom Fe.

b)      Larut padat substitusi, yang merupakan suatu paduan yang terjadi terutama jika diameter atom yang larut hampir sama dengan diameter atom yang dilaruti. Contohnya, pada paduan alumunium, diameter atom Al dan diameter atom Cu hampir sama. Lalu pada stainless steel, diameter atom fe dan diameter atom Cr hampir sama.

c)      Senyawa, yaitu suatu paduan yang terjadi karena adanya ikatan atom yang sangat kuat.

Material golongan logam juga dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yang lain, yaitu ferrous atau besi dan non ferrous atau bukan besi.

  • Material Pabrikasi Golongan Non Logam

Untuk material pabrikasi golongan non logam sendiri dibagi menjadi dua golongan yaitu:

  1. Non metals inorganik, dapat diklasifikasikan menjadi glass (kaca), fused silika, glass linings and coatings, dan stoneware.
  2. Non metals organik, dapat diklasifikasikan menjadi plastik, karet, dan kayu.

 

Sebagai material pabrikasi non metals organik, plastik merupakan suatu materi pabrikasi non logam yang paling sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari karena mudah dicari dan harganya yang relatif murah di pasaran. Plastik atau polimer adalah material hasil rekayasa manusia, merupakan rantai molekul yang sangat panjang dan banyak molekul MER yang saling mengikat. Pemakaian plastik juga sangat luas, mulai dari peralatan rumah tangga, interior mobil, kabinet radio/televisi, sampai konstruksi mesin. Sifat plastik pada dasarnya adalah antara serat dan elastomer. Jenis plastik dan penggunaannya sangat luas. Plastik yang banyak digunakan berupa lempeng, lembaran dan film. Ditinjau dari penggunaannya plastik digolongankan menjadi dua yaitu plastik keperluan umum dan plastik untuk bahan konstruksi (engineering plastics). Plastik mempunyai berbagai sifat yang menguntungkan, diantaranya:

a. Umumnya kuat namun ringan.

b. Secara kimia stabil (tidak bereaksi dengan udara, air, asam, alkali dan berbagai zat kimia lain).

c. Merupakan isolator listrik yang baik.

d. Mudah dibentuk, khusunya dipanaskan.

e. Biasanya transparan dan jernih.

f. Dapat diwarnai.

g. Fleksibel/plastis

h. Dapat dijahit.

i. Harganya relatif murah.

Beberapa contoh plastik yang banyak digunakan antara lain:

 

1. Polietilen

Poli etilen adalah bahan termoplastik yang kuat dan dapat dibuat dari yang lunak sampai yang kaku. Ada dua jenis polietilen yaitu polietilen densitas rendah (low-density polyethylene / LDPE) dan polietilen densitas tinggi (high-density polyethylene / HDPE). Polietilen densitas rendah relatif lemas dan kuat, digunakan antara lain untuk pembuatan kantong kemas, tas, botol, industri bangunan, dan lain-lain.

Polietilen densitas tinggi sifatnya lebih keras, kurang transparan dan tahan panas sampai suhu 1000C. Campuran polietilen densitas rendah dan polietilen densitas tinggi dapat digunakan sebagai bahan pengganti karat, mainan anak-anak, dan lain-lain.

 

2. Polipropilen

Polipropilen mempunyai sifat sangat kaku; berat jenis rendah; tahan terhadap bahan kimia, asam, basa, tahan terhadap panas, dan tidak mudah retak. Plastik polipropilen digunakan untuk membuat alat-alat rumah sakit, komponen mesin cuci, komponen mobil, pembungkus tekstil, botol, permadani, tali plastik, serta bahan pembuat karung.

3. Polistirena

Polistiren adalah jenis plastik termoplast yang termurah dan paling berguna serta bersifat jernih, keras, halus, mengkilap, dapat diperoleh dalam berbagai warna, dan secara kimia tidak reaktif. Busa polistirena digunakan untuk membuat gelas dan kotak tempat makanan, polistirena juga digunakan untuk peralatan medis, mainan, alat olah raga, sikat gigi, dan lainnya.

 

4. Polivinil klorida (PVC)

Plastik jenis ini mempunyai sifat keras, kuat, tahan terhadap bahan kimia, dan dapat diperoleh dalam berbagai warna. Jenis plastik ini dapat dibuat dari yang keras sampai yang kaku keras. Banyak barang yang dahulu dapat dibuat dari karet sekarang dibuat dari PVC. Penggunaan PVC terutama untuk membuat jas hujan, kantong kemas, isolator kabel listrik, ubin lantai, piringan hitam, fiber, kulit imitasi untuk dompet, dan pembalut kabel.

 

5. Potetrafluoroetilena (teflon)

Teflon memiliki daya tahan kimia dan daya tahan panas yang tinggi (sampai 2600C) Keistimewaan teflon adalah sifatnya yang licin dan bahan lain tidak melekat padanya. Penggorengan yang dilapisi teflon dapat dipakai untuk menggoreng telur tanpa minyak.

 

6. Polimetil pentena (PMP)

Plastik poli metil pentena adalah plastik yang ringan dan melebur

pada suhu 2400C. Barang yang dibuat dari PMP bentuknya tidak berubah

bila dipanaskan sampai 2000C dan daya tahannya terhadap benturan lebih

tinggi dari barang yang dibuat dari polistiren.

Bahan ini tahan terhadap zat-zat kimia yang korosif dan tahan terhadap pelarut organik, kecuali pelarut organik yang mengandung klor, misalnya kloroform dan karbon tetraklorida. PMP cocok untuk membuat alat­alat laboratorium dan kedokteran yang tahan panas dan tekanan, tanpa mengalami perubahan, Barang-barang dari bahan ini tahan lama.

 

7.Polibutaena

Polibutadien adalah karet sintetis yang merupakan polimer terbentuk dari proses polimerisasidari monomer 1,3-butadiena. Memiliki resistensi yang tinggi terhadap aus dan digunakan terutama dalam pembuatan ban. Ini juga telah digunakan untuk melapisi atau merangkum rakitan elektronik, menawarkan tahanan listrik yang sangat tinggi. Polibutadiena paling banyak digunakan untuk membuat ban mobil. Karet ini juga dapat digunakan pada bantalan kereta api, blok jembatan, bola golf,selang air, dll.

 

8.Poliester

Poliester adalah suatu kategori polimer yang mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya. Meski terdapat banyak sekali poliester, istilah “poliester” merupakan sebagai sebuah bahan yang spesifik lebih sering merujuk pada polietilena tereftalat (PET). Poliester termasuk zatkimia yang alami, seperti yang kitin dari kulit ari tumbuhan, maupun zat kimia sintetis seperti polikarbonat dan polibutirat. Dapat diproduksi dalam berbagai bentuk seperti lembaran dan bentuk 3 dimensi, poliester sebagai termoplastik bisa berubah bentuk sehabis dipanaskan. Walau mudah terbakar di suhutinggi, poliester cenderung berkerut menjauhi api dan memadamkan diri sendiri saat terjadi pembakaran. Serat poliester mempunyai kekuatan yang tinggi dan E-modulus serta penyerapan air yang rendah dan pengerutan yang minimal bila dibandingkan dengan serat industri yang lain. Poliester digunakan untuk membuat botol, film, tarpaulin, kano, tampilan kristal cair, hologram, penyaring, saput (film) dielektrik untuk kondensator, penyekat saput buat kabel dan pita penyekat. Kain poliester tertenun digunakan dalam pakaian konsumen dan perlengkapan rumah sepertiseprei ranjang, penutup tempat tidur, tirai dan korden. Poliester industri digunakan dalam pengutan ban, tali, kain buat sabuk mesin pengantar (konveyor), sabuk pengaman, kain berlapisdan penguatan plastik dengan tingkat penyerapan energi yang tinggi. Fiber fill dari poliester digunakan pula untuk mengisi bantal dan selimut penghangat.

 

9.Nilon 66

Nylon 6-6, juga disebut sebagai nilon 6,6, adalah jenis nilon.Nylon terdapat dalam berbagai jenis, dua yang paling umum untuk industri tekstil dan plastik adalah: nilon 6dan nilon 6,6. Nilon digunakan untuk banyak hal, seperti serat karpet, pakaian, airbag, ban, tali, selang,stoking, parasut, dll.

 

10. Fleksiglas Polimetil Metakrilat

PMMA mempunyai nama dagang flexiglass. Polimetil metakrilat merupakan polimerisasi adisi dari monomer metil metakrilat (H2C = CH-COOH3). PMMA merupakan plastik yang kuat dan transparan. Polimer ini digunakan untuk jendela pesawat terbang dan lampu belakang mobil (kaca alkrilik).

Selain yang disebutkan diatas, terdapat pula material pabrikasi plastik polycarbonate yang bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Namun polycarbonate jarang digunakan karena dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon.

 

Image

 

Terlepas dari kelebihan-kelebihan plastik yang menguntungkan seperti mudah dibentuk, mudah didapatkan dan harganya relatif murah tadi, plastik juga memiliki kekurangan yaitu sifatnya yang tidak ramah lingkungan dan sulit terurai.

 

 

Referensi:

Azizah, Utiya., 2009, Bentuk Polimer, http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-polimer/bentuk-polimer-dalam-kehidupan/bentuk-polimer-plastik/ diakses tanggal 18 Mei 2012

Butet7, 2010, Kegunaan Dari Jenis-Jenis Polimer Plastik, http://www.scribd.com/butet7/d/50193717-Kegunaan-Dari-Jenis-jenis-Polimer-Plastik diakses tanggal 18 Mei 2012

Kurniawan, Dhadhang W., dan Sulaiman, Teuku N.S., 2012, Teknologi Sediaan Farmasi, Laboratorium Farmasetika UNSOED, Purwokerto.

Anonim., 2010, Fabrikasi dan Permesinan, http://phki.pl.itb.ac.id/sip/index.php?option=com_content&view=article&id=75&Itemid=90 diakses tanggal 20 Mei 2012

Qohar, Abdul., 2012, Fabrikasi Logam, http://qoharabdul69.blogspot.com/2012/03/fabrikasi-logam diakses tanggal 20 Mei 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: