REVERSE OSMOSIS :: Teknologi Penyaringan Air Di Industri Farmasi

23 May

REVERSE OSMOSIS :: Teknologi Penyaringan Air Di Industri Farmasi

ABSTRAK

Dalam industry farmasi air RO (Reverse Osmosi) bukanlah nama yang asing lagi, secara umm industry farmasi selalu menggunakan air jenis ini dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Kini ukan hanya industry farmasi, bahkan air RO sangat di andalkan oleh berbagai industry raksasa dalam pembuatan makanan dan minuman, bahkan air RO telah digunakan dalam proyek pengembangan NASA. Air RO yang sangat diandalkan dalam berbagai bidang industry ini merupakan air yang diproduksi dari system penyaringan dengan metode Reverse Osmosis. Sebenarnya bagaimanakah proses penyaringa Reverse Osmosi itu hingga didapatkan produk yang amat dipercaya oleh banyak industry ini ?

 

Reverse osmosis RO merupakan teknik penyaringan yang menyaring  molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi ( membrane semipermeabel ). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion. Osmosis adalah fenomena alam yang terdapat dalam sel makhluk hidup dimana molekul “solvent” (biasanya air) akan mengalir dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah Berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran semipermeabel. Membran semipermeabel ini adalah membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari “solvent” berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran.

Dalam proses Reverse Osmosi yang terjadi adalah pemaksaan sebuah solvent dari sebuah daerah konsentrasi “solute” tinggi melalui sebuah membran ke sebuah daerah “solute” rendah dengan menggunakan sebuah tekanan melebihi tekanan osmotik. Dalam istilah lebih mudah, reverse osmosis adalah mendorong sebuah solusi melalui filter yang menangkap “solute” dari satu sisi dan membiarkan pendapatan “solvent” murni dari sisi satunya, sehingga pada akhirnya zat akan mengalir secara terbalik dari proses osmosis melalui membrane penyaring.

 

Air RO direkomendasikan oleh :

  • Rumah sakit terkemuka untuk mesin Haemodialisa (cuci darah)
  • Industri farmasi sebagai pelarut obat
  • NASA, Badan Antariksa AS
  • Industri soft drink raksasa di seluruh dunia
  • Angkatan Laut AS, pada kapal selam dan kapal perang

Manfaat Air RO

  • Mengurangi kadar keasaman darah
  • Menjaga dan meningkatkan kesegaran tubuh
  • Mempercepat pengaruh daya larutan
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Memperbaiki metabolisme
  • Mencegah pembiakan bakteri
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan

Air RO dapat digunakan banyak di berbagai industry, karena TDS water RO dapat dibuat hingga “0” sehingga sangat sesuai digunakan pada suatu proses yang tidak membutuhkan adanya unsur mineral dalam air. Dimana diketahui, mineral yang terkandung dalam air dapat mempengaruhi proses yang diingini.

Seperti halnya air minum dalam kemasan yang banyak beredar di pasaran, umumnya mengandung TDS 100 atau kurang dan biasanya banyak mengandung mineral. Jika ini digunakan dalam proses produksi, sementara kehadiran mineral tsb tidak dibutuhkan, maka tentu kualtas produk akan mengalami perubahan dari apa yang diingini

 

KEUNTUNGAN DAN KEUNGGULAN MODUL RO

Modul RO mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus sebagai model pengolah air yaitu:

  1. Kebutuhan Energi relatif hemat.
  2. Hemat Ruangan.
  3. Mudah dalam pengoperasian karena pengendalian operasi terpusat pada satu panel yang kecil dan sederhana.
  4. Kemudahan untuk menambah kapasitas.
  5. Produksi airnya dapat langsung diminum, tanpa dimasak dahulu.
  6. RO mudah dipindahkan ke lokasi lain (ada yang terpasang dalam unit mobil RO atau kontainer).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: